Setya Novanto Diperiksa Lagi Setelah Sidang Oleh KPK

 

 

 

 

Rakseries.com – Terdawakwa kasus e-KTP Setya Novanto masih menjalankan pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (4 /1/2018). Mantan ketua DPR RI ini sampai di gedung KPK memakai kemeja putih dan rompi tahanan KPK.

Katika sampai di gedung KPK dan turun dari mobil tahanan, Setnov tidak terlalu banyak bicara dan hanya tersenyum. Apalagi ketika media menanyai mengenai eksepsinya yang ditolak oleh majelis hakim pada persidangan di Pengadilan Tipikor, Setnov tidak mau menanggapinya. Dia hanya menebar se nyum dan mengatakan keadaannya sehat.

“Sehat,” kata Novanto ketika masuk ruang lobi Gedung KPK.

Sedangkan, Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan Setya Novanto kembali menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk tersangka Direktur Quadra Solution Anang Sugiana.

“Siang ini dibutuhkan pemeriksaan terhadap SN sebagai saksi untuk tersangka ASS (Anang Sugiana Sudihardjo),” ungkap Febri.

Majelis Hakim Pengadilan Tipikor membuat keputusan untuk melanjutkan pemeriksaan masalah kasus korupsi e-KTP dengan terdakwa Setya Novanto. Hal tersebut lantaran majelis hakim menolak gugatan eksepsi atau nota keberatan dari pihak Novanto.

“Menimbang bahwa keberatan dari tim penasihat hukum (Setya Novanto) dinyatakan tidak dapat diterima. Maka majelis hakim berpendapat bahwa perkara ini telah memenuhi unsur dan dapat diterima sebagai dasar pemeriksaan,” ungkap Ketua Majelis Hakim Yanto di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (4/1/2018).

Yanto mengatakan majelis hakim sudah menimbang bahwa surat dakwaan jaksa penuntut umum dengan nomor dak/88/24/12/2017 tertanggal 6 Desember sudah melengkapi persyaratan formal dan material berdasarkan ketentuan Pasal 143 ayat 2 huruf a dan b KUHAP.

“Dan sah menurut hukum serta dapat diterima sebagai dasar pemeriksaan dalam perkara ini,” kata Hakim Yanto.

Menurut Yanto, dengan ditolaknya eksepsi maka majelis hakim mengintruksikan pada penuntut umum supaya melanjutkan pemeriksaan terhadap terdakwa.

“Eksepsi (Setya Novanto) tidak dapat diterima dan memerintahkan penuntut umum untuk memeriksa syarat secara formil dan materil sesuai ketentuan,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *