Kerjasama KPK-Polri Meringkus Buronan Tersangka Korupsi

 

 

 

Rakseries.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan tim Polda Sulawesi Utara (Sulut) dan Polres Tangerang Selatan, berhasil meringkus buronan kasus dugaan korupsi pengadaan sarana dan prasarana penerangan jalan umum sistem solar cell pada Dinas Tata Kota Manado Tahun 2014 yang bernama Johan Benny Mailangkay (JBM).

“Tersangka termasuk dalam DPO Polda Sulut sejak September 2017,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Jakarta, Selasa (9/1/2018).

Peringkusan tersangka dilakukan di rumah tersangka yang terletak di Bintaro, Tangerang Selatan. Setelah diringkus, tersangka kemudian mejalankan pemeriksaan oleh penyidik di Polres Tangerang Selatan untuk diketahui kesehatannya.

“Nanti sore rencananya akan diterbangkan ke Sulut. Kasus ini ditangani oleh Polda Sulut,” ungkap Febri.

Peringkusan pada Johan yang salah satu mantan Kadis Tata Kota Pemkot Manado adalah salah satu bentuk hubungan supervisi penindakan (korsupdak) diantara KPK dan Polri. Menurutnya, supervisi diawali pada bulan September 2017 lalu.

“Penyidikan perkara dimaksud dilakukan oleh Polda Sulut sejak 2016 dan penanganan perkaranya mulai disupervisi KPK pada September 2017,” jelasnya.

Febri juga mengungkapkan Johan dijerat Pasal 2 Ayat 1 dan Pasal 3 UU No. 31 Tahun 1999, jo Pasal 55 Ayat 1 KUHP lantaran disuga merugikan negara hingga mencapai Rp 3,1 M.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *