Penyebab Terjadinya Bentrokan Antar Ormas di Bekasi

 

 

 

Rakseries.com – Pihak polisi masih siaga penuh setelah peristiwa bentrokan organisasi kemasyarakatan (ormas) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) dengan beberapa ormas gabungan di gerbang masuk selatan Plaza Pemkot Bekasi, Kamis (25/1/2018) siang.

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Indarto mengungkapkan kejadian tersebut terjadi lantaran adanya provokator dari oknum ormas gabungan sehingga menyebabkan ketegangan di tempat.

“Ya sebetulnya tadi itu demo, ada satu kelompok massa demo sekitar 300-an ke sini. Tiba-tiba ada satu kelompok massa lain yang kontra dan satu sama lain, jadi terprovokasi akhirnya lempar-lemparan,” ungkap Indarto.

Dia juga mengatakan Ormas GMBI diketahui mempunyai keinginan untuk melakukan aksi demo atas dugaan korupsi pada pungutan retribusi parkir kendaraan oleh instansi pada lingkup Pemkot Bekasi. Perizinan penyampaian aspirasi dari ormas tersebut juga telah dilayangkan terhadap kepolisian.

“Untuk massa yang demo itu ada pemberitahuannya. Cuma itu, untuk massa yang kontra itu akan kita kaji,” ungkap Indarto.

Dari hal itu aparat sedang berusaha melakukan mediasi dengan dua kelompok yang ikut serta pada kejadian tersebut. Mediasi ini dilakukan untuk mencegah adanya aksi kembali.

“Pihak mana yang melanggar aturan kita akan tegakkan hukum,” kata Indarto.

Pihak GMBI juga menyayangkan adanya aksi bentrok tersebut lantaran pihaknya sudah memberitahukan unjuk rasa kepada polisi.

“Saya kira tadinya kan tidak ada persoalan, karen beberapa waktu lalu bahwa GMBI Kota Bekasi ini sudah melayangkan surat pemberitahuan kepada intansi dan itu menjadi hak kita untuk menyampaikan aspirasi,” ungkap Asep Ujang, salah satu anggota ormas GMBI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *