Pihak Lapas Ikut Terlibat Pada Kasus Pemerasan Narapidana Pada Puluhan Wanita Bugil

 

 

 

 

Rakseries.com – Tindakan penipuan serta pemerasan oleh para narapidana dengan menggunakan modus penyebaran video bugil akhirnya terkuak. Narapidana Lapas Jelekong Kabupaten Bandung memperoleh uang sampai ratusan juta karena tindakannya.

“Uang dibagi-bagi ke napi lain termasuk ke petugas lapas,” kata GN (28) di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (11/4) kemarin.

GN adalah salah satu narapidana yang menjadi saksi utama pada perkara ini. Dia juga sempat telibat pada kasus penipuan yang sama yang udah dilakukan oleh tiga temannya yakni ID alias Mencos (25), JN alias Ijam (30) dan FA alias Ape (29).

GN mengatakan jumlah uang yang diberikan kepada para napi beragam. Tetapi dia mengungkap nominal tertinggi sampai Rp 40 juta. “Paling tinggi seminggu sampai empat puluh juta (rupiah),” tuturnya.

Menurutnya, hampir semua pegawai lapas tahu dan memperoleh uang penipuan tersebut. Hampir sebanyak 85 persen petugas lapas ikut terlibat dalam hal ini. “Kecuali Kalapas dia enggak tahu karena ini permainan napi,” tutur GN.

Dia melanjutkan bahwa uang tersebut sengaja diberikan kepada petugas untuk jaminan. Sehingga para narapidana akan dilindungi ketika dilakukan razia.

“Untuk menutupi kalau ada sidak (inspeksi mendadak) juga biar enggak ada masalah,” katanya.

Kesaksian GN juga dikuatkan oleh pengakuan narapidana lain yakni BY (35). Narapidana yang mempunyai posisi penting di gengnya itu mengatakan uang tersebut diberikan kepada siapa saja.

“Ke KPLP (kepala pengamanan lapas), anggota piket sama staf yang lain,” ujar BY di Mapolrestabes Bandung, Kamis (12/4/2018).

BY bahkan menjelaskan secara rinci nominal yang diberikan kepada petugas Lapas. Uang yang diberikan kepada KPLP sebanyak Rp 13 juta, setiap anggota piket Rp 3 juta, serta enam orang staf yang masing-masing diberi Rp 5 juta.

Uang tersebut diberikan hanya dari satu ‘RW’ di blok lapas dan disetorkan setiap akhir pekan.

“Kalau di blok lain ya saya enggak tahu berapa. Ada juga yang langsung per napi setor ke atas,” ungkap BY.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *