Terima Vonis 15 Tahun Penjara, Setnov Tidak Ajukan Banding

 

 

 

Rakseries.com – Terpidana kasus megakorupsi pengadaan proyek e-KTP, Setya Novanto memutuskan untuk tidak melakukan banding atas putusan hakim Pengadilan Tipikor yang memvonisnya 15 tahun penjara. Vonis itu dibebankan setelah mantan Ketua Umum Partai Golkar tersebut dibuktikan melakukan tindak korupsi pada proyek e-KTP sampai merugikan negara sebanyak Rp 2,3 triliun.

“Karena KPK tidak banding, Pak Setya Novanto juga tidak banding,” ungkap Kuasa Hukum Setnov, Maqdir Ismail di Jakarta, Rabu (2/5/2018).

Sebelumnya, KPK juga telah mengajukan banding atas vonis yang dijatuhkan kepada Setya Novanto. KPK menganggap tidak ada alasan yang dapat digunakan untuk mengajukan banding atas vonis yang dijatuhkan pada mantan Ketua DPR itu.

“KPK menerima putusan tersebut, tidak akan melakukan banding. Kita menganggap sudah lebih dari 2/3 dan semua yang disangkakan atau yang dimasukkan dalam dakwaan juga diadopsi hampir seluruhnya oleh majelis hakim,” tutur Wakil Ketua KPK Laode M Syarif di Gedung KPK Kuningan Jakarta Selatan, Senin 30 April 2018.

Juru bicara KPK Febri Diansyah mengungkapkan terdapat alasan lain yang menyebabkan pihaknya menerima vonis yang dijatuhkan pada Setya Novanto itu. Menurutnya, ingin memfokuskan untuk mencari pihak lain yang diduga memperoleh kucuran dana korupsi proyek senilai Rp 5,9 triliun tersebut.

“KPK ingin fokus pada tahap lebih lanjut, mencermati fakta-fakta di lapangan dan melakukan pengembangan perkara untuk mencari pelaku lain,” ungkap Febri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *